• Minggu, 26 Juni 2022

Walikota Bandar Lampung tinjau layanan publik di PN Tanjungkarang


Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana yang biasa disapa akrab Bunda Eva bertandang ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang Kelas IA. Kunjungan Walikota dalam rangka refleksi Ulang Tahun Kota Bandar Lampung 340 tersebut guna melihat langsung Pelayanan Publik warganya di Pengadilan Negeri Kota Bandar lampung.

Bunda Eva langsung mengunjungi lobby PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Atap) Pengadilan Negeri Tanjungkarang yang dinilainya seluruh petugas PTSP Pengadilan Negeri Tanjungkarang  telah menegakan prinsip 3S (Senyum, Sapa, Salam) dan Walikota terkesan dengan kecepatan layanan yang diberikan oleh petugas PTSP Pengadilan Negeri Tanjungkarang  Kelas IA tersebut.

Walikota juga melihat langsung keberadaan 9 ruang sidang di Pengadilan Negeri Tanjungkarang  untuk memastikan apakah ruang ruang sidang tersebut cukup kondusif dan memberikan efek kenyamanan baik para penegak hukum maupun para pencari keadilan yang hampor kebanyakan merupakan warga Kota Bandar Lampung.

Bunda Eva menilai bahwa ruang sidang Pengadilan Negeri Tanjungkarang saat ini sudah cukup kondusif sebagai ruang persidangan yang memiliki marwah kewibawaan dan keagungan sebuah Pengadilan. Namun demikian walikota  menginginkan agar desain ruang persidangan dibangun lebih modern dan mengakomodir perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. "Saya mendukung Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Syamsul Arief dalam mewujudkan desain ruang sidang yang modern dan mengakomodir teknologi terkini", Ucap Bunda Eva di hadapan Syamsul Arief Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang.

Selanjutnya Walikota yang kerap memberangkatkan umroh secara gratis kepada warganya tersebut mengunjungi ruang tahanan Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Diruang tahanan tersebut Bunda Eva menyapa langsung para tahanan yang hari ini menjadi tahana/terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Diruang tahanan Bunda Eva menilai kebersihan ruang para tahanan sudah cukup memadai dan Bunda Eva berjanji akan membantu menambahkan beberapa fasilitas guna mendukung kenyamanan bagi ruang tahanan, ruang petugas penjaga tahanan dan ruang tunggu pengunjung sidang dan pencari keadilan. "Pak Ketua, jika ruang tahanan diberi unit pendingin ruangan boleh kan?", Tanya Bunda Eva. Lalu dijawab Syamsul Arief tidak dilarang dan akan dipasang untuk kenyamanan Tahanan.

Bunda Eva juga memberikan motivasi kepada para tahanan yang merupakan warga Kota Bandar Lampung tersebut. "Yang sabar ya Bu nanti jika sudah diputus dan mudah mudahan Ibu bisa segera keluar dari tahanan, pastikan Ibu tidak mengulangi perbuatan pidana dan akan melakukan kerja positif di masyarakat nanti". Demikian ucap Bunda Eva pada saat mengunjungi ruang tahanan wanita Pengadilan Negeri Tanjungkarang.

Di depan awak media yang menunggu di Loby Pengadilan sebelum meninggalkan Pengadilan Negeri Bunda Eva mengatakan bahwa kunjungannya tersebut tidak lain untuk memastikan bahwa bukan saja warga kota Bandar Lampung yang bernasib baik yang mendapatkan layanan terbaik akan tetapi warganya yang bernasib kurang beruntung seperti para tahanan/ terdakwa juga dapat mendapatkan layanan publik terbaik dari instansi/kantor diwilayahnya. "Tugas saya sebagai Walikota adalah berusaha untuk memberikan kesejahteraan pada warga saya, kesejahteraan itu termasuk dalam hal layanan di sektor publik. Layanan tersebut bukan hanya diberikan kepada warga yang bernasib baik saja tapi terhadap warga yang kurang beruntung seperti para tahanan/terdakwa ini. "Hari ini saya memastikan bahwa mereka mendapatkan layanan publik terbaik dan Alhamdulillah di Pengadilan Negeri Tanjungkarang warga saya yang kurang beruntung ini  medapatkan layanan maksimal. Ruang tahanan terlihat sangat bersih, pengunjung sidang terlihat tertib mendapatkan tempat duduk yang nyaman, persidangan terlihat telah berlangsung di beberapa ruang persidangan sejak pukul 10.00 pagi dan petugas pengawal tahanan juga mendapatkan ruang jaga yang nyaman. Terimakasih pak Syamsul Arief Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang  atas layanan jajarannya", ucap Bunda Eva apresiatif.

Bunda Eva juga menambahkan bahwa saat ini pemerintah Kota Bandar Lampung sedang membangun Mall Pelayanan Publik dan memastikan Pengadilan Negeri Tanjungkarang  mendapat space pada mall layanan tersebut agar Pengadilan Negeri Tanjungkarang  bisa memberikan jangkauan yang lebih luas dalam pelayanannya.

Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang  Syamsul Arief berterimakasih atas kunjungan mendadak yang dilakukan oleh Walikota Bandar Lampung tersebut. "Saya salut dan bangga dengan Bunda Eva yang mau datang melihat langsung layanan publik Pengadilan Negeri Tanjungkarang  terhadap warganya yang kebetulan sedang  kurang beruntung yakni berhadapan dengan masalah Pidana. Apa yang dilakukan Walikota Bandar Lampung ini patut di contoh dan menjadi inspirasi bagi pemimpin disektor lainnya", ungkap Syamsul Ketua Pengadilan putera aseli Daerah Lampung ini yang didampingi oleh Lingga Setiawan, SH., MH. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang Kelas IA dan beberapa jajarannya.

Berita Lainnya

end_script -->
Skip to content